LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF
NAHDLATUL
‘ULAMA KABUPATEN KEBUMEN
MTS PLUS MA’ARIF GOMBONG
JL YOS SUDARSO NO.69 GOMBONG TELP.(0287) 554678
NSM :121233050083
Oleh Gunawan, S.Pd.I. (Kepala Madrasah)
- A. Latar Belakang
Lembaga Pendidikan yang menghasilkan anak didik dengan
kecerdasan otak (kecerdasan Intelektual) banyak kita jumpai, namun lembaga
pendidikan yang menghasilkan kecerdasan Spiritual dan kecerdasan Emosional
sangat jarang kita temukan, dengan menyadari kondisi yang demikian dan adanya
dukungan dari tokoh masyarakat Gombong dan sekitarnya serta berbagai pihak yang
mendukung, maka kami atas nama pengelola MTs. Plus Ma’arif Gombong berniat dengan tulus dan
tekad dengan sungguh-sungguh menyelenggarakan Kegiatan Proses Belajar Mengajar yang akan berusaha memenuhi 8 (delapan) standar proses
KBM.
Alhamdulillah
dengan Ridho
Allah SAW, dan Izin Nya niat dan tujuan kami telah terwujud terselenggarakannya
Proses KBM di MTs. Plus Ma’arif Gombong.
Anak
berprestasi dan memperoleh renking dalam menempuh proses pendidikan adalah
dambaan semua orang tua, namun anak yang demikian jumlahnya sangat sedikit, data menunjukan bahwa sebagian besar anak didik
berada pada prestasi
rata-rata dan anak yang prestasinya Minim jumlahnya juga sedikit.
Sudah
menjadi pemahaman kita bersama jika anak usia remaja /pendidikan setingkat SLTP
secara mental / kewajiban dalam proses perubahan yang begitu cepat (masa
pubertas). Di saat anak didik pada usia remaja maka kewajiban orang tua harus
memiliki perhatian dan kepedulian yang lebih pada anak-anaknya untuk selalu
memonitor mengarahkan perilaku anak agar tidak salah arah dan terjerumus di
kemudian hari.
Ada
beberapa kemungkinan hasil yang bisa timbul pada anak didik dalam menjalani
proses pendidikan dan pergaulan.
1.
Anak berprestasi bagus di sekolah dan
berperilaku santun.
2.
Anak berprestasi biasa /rata-rata dan
berperilaku santun.
3.
Anak berprestasi bagus di sekolah tapi
berperilaku tidak santun.
4.
Anak berprestasi biasa /rata-rata dan
berperilaku tidak santun.
5.
Anak berprestasi minim dan berperilaku santun.
6.
Anak berprestasi minim dan berperilaku tidak
santun /nakal.
Keenam tersebut kemungkinan yang mungkin timbul
dari proses PENDIDIKAN dan PERGAULAN. Jika
orang tua sudah memahami 6 (enam) poin tersebut di atas, maka hal tersebut bisa
di jadikan perhatian dan kewaspadaan orang tua dalam menentukan ke mana dan di
mana anak didik mereka akan di kenalkan pada lingkungan pendidikan yang mereka
harapkan. Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa lingkungan di mana anak didik
bersekolah dan teman-teman pergaulan mereka sangat memiliki andil yang besar
dalam pembentukan perilaku anak didik dan prestasi belajar mereka.
Kami pihak sekolah pendiri dan pengelola MTs.
Plus Ma’arif Gombong sangat berharap dan suatu keharusan bahwa proses
pelaksanaan pendidikan di MTs. Plus Ma’arif Gombong harus di lakukan secara
terpadu dan terintegrasi. Dewan pendiri pengelola guru,karyawan menyadari bahwa
keberhasilan proses pendidikan harus di lakukan secara simultan yakni adanya
sinergi dari
semua pihak yang terlibat,
yakni anak didik, orang tua murid, dewan guru, dan lingkungan sekolah sehingga
akan tercipta suasana proses belajar mengajar yang kondusif.
MTs. Plus Ma’arif
Gombong dalam melaksanakan proses Belajar Mengajar akan selalu menggunakan
kurikulum TERPADU dan SEIMBANG. Kurikulum yang di gunakan
adalah Adopsi dari DEPDIKNAS. Untuk materi umum dan UJIAN NASIONAL dan Adopsi
dari Kemenag untuk materi KEAGAMAAN
juga ditambah materi kurikulum dari pondok pesantren salaf dengan komposisi
yang seimbang.
Anak didik adalah unsur yang penting dalam
proses pendidikan, anak didik usia remaja masih meemrlukan peran yang begitu
besar dari orang tuanya dan tidak hanya
mendapatkan ilmu arahan dan perhatian dari lingkungan sekolah tetapi harus didukung
dari berbagai komponen agar anak didik bisa cukup untuk mendapatkan ilmu serta
perilaku yang baik serta santun .Pihak sekolah akan selalu memonitor potensi
dan kemampuan masing–masing anak didik dengan baik , sehingga diharapkan
ditemukan solusi yang proporsional bagi masing–masing anak didik .Memotivasi
siswa dengan tepat akan berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap
prestasi anak didik .
MTs Plus
Ma’arif Gombong juga akan merumuskan system penilaian yang berbeda dengan
sekolah yang lain.Kami Akan menggunakan nilai KUANTITATIF yang
dihasilkan anak didik digabungkan dengan penilaian sikap dan perilaku anak
didik (Akhlaqul Karimah) dan sikap kesantunan mereka dalam bertindak. Gabungan 2 tersebut menjadi akhir nilai
kuantitatif prestati anak didik.
Orang tua murid juga memiliki andil yang cukup besar
dalam kebeerhasilan pendidikan anak–anaknya, selain dalam hal PEMBIAYAAN
anak dalam bersekolah orang tua memiliki peran dalam mendoakan anak-anaknya
supaya memperoleh ilmu yang bermanfaat serta menyerahkan secara batiniah
sehingga tidak salah arah dikemudian hari, dan yang sangat penting peran orang
tua dalam membentuk perilaku anak didik dan orang tua harus menjadu suri
tauladan dan uswah khasanah ketika anak
didik berada dalam rumah.
MTs Plus
Ma’arif Gombong akan selalu mengusahakan semua guru, karyawan harus memiliki
kemampuan intelektual dan integritas moral yang memadai sesuai dengan bidang
dan kompetensi masing – masing. Guru dan
karyawan harus menjadi contoh yang baik dari segi kemampuan intelektualitasnya
maupun dari sikap dan perilaku kesehariannya dimanapun mereka
Berada .Kami dewan
pendidikan dan pengurus akan bersikap tegas dan proporsional jiks ada guru ataupun karyawan MTs Plus Ma’arif Gombong
yang tidak bisa menjadi tauladan bagi anak didik, kami akan mengkondisikan
bahwa seorang guru harus bisa Digugu Dan Ditiru oleh anak didiknya .
Dengan menyadari pentingnya proses pendidikan yang
terpadu dan komprehensif yang diharapkan akan menghasilkan atau memberi bekal
kemampuan intelektualitas dan membentuk pribadi anak didik yang smart dan
santun bukanlah merupakan pekerjaan dan tanggung jawab yang ringan.Dibutuhkan
biaya, sarana dan prasaraan serta sumber daya yang mencukupi. Mungkin ada
sedikit yang harus kita yakini bersama bahwa konon ada riwayat guru yang
soleh dan solehah akan menghasilkan
murid yang soleh /solehah dan orang tua yang soleh dan solehah akan
menghasilkan anak - anak yang sholeh dan sholehah amin.. amin…amin….
B. Visi MTs Plus Ma’arif Gombong
“Berorientasi menyediakan layanan pendidikan
formal yang terjangkau dan diterima oleh masyarakat serta secara luas “
!. Visi “Membentuk pribadi anak didik yang smart dan santun”
2. Misi = 1. Mengingatkan penghayatan terehadap
ajaran islam secara kafah
2. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien
3.Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan untuk berprestasi
4. Menanamkan nilai – nilai islam sebagai
dasar penguasaan ilmu pengetahuan
dan teknologi
5. Meningkatkan kreatifitas dan perilaku
disiplin serta punya wawasan yang berkarakter
kebangsaan
6. Melaksanakan
pengamalan ajaran
islam ahlisunah wal jamaah’ala madaahibil arba’ah
Serta senantiasa mempertahankan dan
melestarikan budaya budaya lama yang
di
anggap baik
dan mengambil budaya baru yang lebih baik.(ALMUKHAFADOH BIL
QODIMISSOLIH
WALAKHDI BIL JADIDIL ASLAH).
C. Dasar
1.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim
Pendidikan Nasional
2.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang
Standar Nasional Pendidikan
D. Tujuan Program
1.
Tujuan Kelembagaan yang hendak dicapai adalah :
-
Melaksanakan tugas pelayanan pendidikan tingkat
menengah
-
Meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan peserta
didik melalui saranan dan prasarana yang ada sehingga dapat berkembang secara
optimal sebagai dasar untuk masuk ke pendidikan dasar
2.
Tujuan Program yang hendak dicapai adalah :
-
Untuk meningkatkan kenyamanan peserta didik
-
Memberikan berbagai pengetahuan dan pengalaman
kepada anak
-
Mengenalkan kepada anak mengenai situasi sosial
di lingkungannya
-
Anak mampu mengkoordinasikan bahasa dengan baik
dan benar dalam menghadapi situasi sosial.
E. Deskripsi MTS Plus Ma'arif Gombong
Nama Madrasah : MTs. PLUS MA’ARIF GOMBONG
Tahun Berdiri : 2011
Nomor ijin operasional : -
Nomor statistik : 121233050083
Status Madrasah : Swasta
Alamat madrasah :
Jl Yos Sowdarso No. 69 Wero Gombong
Kebumen
Nama Kepala Madrasah : Gunawan, S.Pd.I
Pendidikan :
S1
Alamat :
Grenggeng Rt 02/02 Karanganyar Kebumen
No HP Kepala Madrasah : 081229076050
No Telephon Madrasah : 0287 - 5546788
Email :
-
Badan Penyelenggara : LP – Ma’arif
Akte Notaris :
Nama Kepala Tata Usaha : Femi Susanti, S.Pd
Nama Ketua komite : K Adro’i Alwi
Keadaan gedung dan tanah Master Plan
1.Status Gedung : Sewa
2.Sifat :
Permanen
3.Jumlah ruang
- ruang kelas :
3
ruang
- ruang kantor :
1
ruang
ruang kantor : 1
ruang
4. Luas tanah seluruh
- Luas tanah Bangunan : 1400 m²
- Luas tanah yang akan dibangun : 536 m²
- Lapangan :
5.Keadaan Bangunan
- Ruang belajar : Rusak ringan
- Ruang Kamad :
Rusak ringan
- Ruang Guru :
Rusak ringan
- Ruang TU : Baik
- Ruang BP :
Baik
- Ruang UKS :
Tidak Ada
- Ruang Mushola :
Berfungsi
- Ruang WC : Rusak Ringan
- Ruang Perpustakan / : Tidak ada
- Laboratorium :
Tidak ada
F. Keadaan Siswa
Kelas
|
L
|
P
|
Jumlah
|
Rasio
|
VII
|
6
|
8
|
14
|
|
VIII
|
8
|
9
|
17
|
|
IX
|
16
|
15
|
41
|
|
G. Kondisi Orang Tua Siswa Berdasarkan Tingkat
Pendidikan
No
|
Pendidikan Terakhir
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
1
|
Tidak
Sekolah
|
|||
2
|
SD
|
6
|
10
|
15
|
3
|
SLTP
|
5
|
3
|
15
|
4
|
SLTA
|
4
|
2
|
13
|
5
|
Diploma/Akademi
|
|||
6
|
Perguruan
Tinggi
|
No
|
Penghasilan Perbulan
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
1
|
Rp 500.000,- 1.000.000,-
|
9
|
8
|
20
|
2
|
Rp 1.000.000,- 1.500.000,-
|
3
|
6
|
15
|
3
|
Rp 1.500.000,- 2.000.000,-
|
2
|
2
|
8
|
4
|
≥ Rp 2.000.000,-
|
|||
I. Potensi Lingkungan Madrasah yang diharapkan
mendukung Program Madrasah
1. Guru dan Kepala
Madrasah
2. Staff Tata
Usaha/Administrasi dan Pembantu Pelaksana
3. Sarana dan prasarana
4. Siswa
5. Pengurus Madrasah
6. Masyarakat
lingkungan/Komite Madrasah
Sekian dan terima kasih,
1 komentar:
TADI SAYA KEDATANGAN TAMU YANG MENGAKU DARI URUSAN MTS MA ARIF GOMBONG
DIA 2 ORANG MEMINTA SUMBANGAM KE WARGA WARGA DESA SUROREJAN PURING.
YANG MENJADI PERTANYAAN:
APAKAH TIDAK ADA BANTUAN DARI PEMERINTAH.
KARENA KALAU BENTUKNYA SEKOLAHAN MASIH MINTA BANTUAN WARGA LAIN KECAMATAN, EFEKNYA TIDAK BAIK.
TENTUNYA BERANI MENDIRIKAN HARUS TANGGUNG JAWAB.
NUWUN.
Posting Komentar