Rabu, 05 Februari 2014

Profil MTS Ma'arif Gombong



LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF
NAHDLATUL ‘ULAMA KABUPATEN KEBUMEN
MTS PLUS MA’ARIF GOMBONG
JL YOS SUDARSO NO.69 GOMBONG TELP.(0287) 554678
NSM :121233050083
 
Oleh Gunawan, S.Pd.I. (Kepala Madrasah)

  1. A. Latar Belakang 
Lembaga Pendidikan yang menghasilkan anak didik dengan kecerdasan otak (kecerdasan Intelektual) banyak kita jumpai, namun lembaga pendidikan yang menghasilkan kecerdasan Spiritual dan kecerdasan Emosional sangat jarang kita temukan, dengan menyadari kondisi yang demikian dan adanya dukungan dari tokoh masyarakat Gombong dan sekitarnya serta berbagai pihak yang mendukung, maka kami atas nama pengelola MTs. Plus Ma’arif Gombong berniat dengan tulus dan tekad dengan sungguh-sungguh menyelenggarakan Kegiatan Proses Belajar Mengajar yang akan berusaha memenuhi 8 (delapan) standar proses KBM.
Alhamdulillah dengan Ridho Allah SAW, dan Izin Nya niat dan tujuan kami telah terwujud terselenggarakannya Proses KBM di MTs. Plus Ma’arif Gombong.
Anak berprestasi dan memperoleh renking dalam menempuh proses pendidikan adalah dambaan semua orang tua, namun anak yang demikian jumlahnya sangat sedikit, data menunjukan bahwa sebagian besar anak didik berada pada prestasi rata-rata dan anak yang prestasinya Minim jumlahnya juga sedikit.
Sudah menjadi pemahaman kita bersama jika anak usia remaja /pendidikan setingkat SLTP secara mental / kewajiban dalam proses perubahan yang begitu cepat (masa pubertas). Di saat anak didik pada usia remaja maka kewajiban orang tua harus memiliki perhatian dan kepedulian yang lebih pada anak-anaknya untuk selalu memonitor mengarahkan perilaku anak agar tidak salah arah dan terjerumus di kemudian hari.
Ada beberapa kemungkinan hasil yang bisa timbul pada anak didik dalam menjalani proses pendidikan dan pergaulan.
1.      Anak berprestasi bagus di sekolah dan berperilaku santun.
2.      Anak berprestasi biasa /rata-rata dan berperilaku santun.
3.      Anak berprestasi bagus di sekolah tapi berperilaku tidak santun.
4.      Anak berprestasi biasa /rata-rata dan berperilaku tidak santun.
5.      Anak berprestasi minim dan berperilaku santun.
6.      Anak berprestasi minim dan berperilaku tidak santun /nakal.
Keenam tersebut kemungkinan yang mungkin timbul dari proses PENDIDIKAN dan PERGAULAN. Jika orang tua sudah memahami 6 (enam) poin tersebut di atas, maka hal tersebut bisa di jadikan perhatian dan kewaspadaan orang tua dalam menentukan ke mana dan di mana anak didik mereka akan di kenalkan pada lingkungan pendidikan yang mereka harapkan. Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa lingkungan di mana anak didik bersekolah dan teman-teman pergaulan mereka sangat memiliki andil yang besar dalam pembentukan perilaku anak didik dan prestasi belajar mereka.
Kami pihak sekolah pendiri dan pengelola MTs. Plus Ma’arif Gombong sangat berharap dan suatu keharusan bahwa proses pelaksanaan pendidikan di MTs. Plus Ma’arif Gombong harus di lakukan secara terpadu dan terintegrasi. Dewan pendiri pengelola guru,karyawan menyadari bahwa keberhasilan proses pendidikan harus di lakukan secara simultan yakni adanya sinergi dari
semua pihak yang terlibat, yakni anak didik, orang tua murid, dewan guru, dan lingkungan sekolah sehingga akan tercipta suasana proses belajar mengajar yang kondusif.
MTs. Plus Ma’arif Gombong dalam melaksanakan proses Belajar Mengajar akan selalu menggunakan kurikulum TERPADU dan SEIMBANG. Kurikulum yang di gunakan adalah Adopsi dari DEPDIKNAS. Untuk materi umum dan UJIAN NASIONAL dan Adopsi dari  Kemenag untuk materi KEAGAMAAN juga ditambah materi kurikulum dari pondok pesantren salaf dengan komposisi yang seimbang.
Anak didik adalah unsur yang penting dalam proses pendidikan, anak didik usia remaja masih meemrlukan peran yang begitu besar dari orang tuanya  dan tidak hanya mendapatkan ilmu arahan dan perhatian dari lingkungan sekolah tetapi harus didukung dari berbagai komponen agar anak didik bisa cukup untuk mendapatkan ilmu serta perilaku yang baik serta santun .Pihak sekolah akan selalu memonitor potensi dan kemampuan masing–masing anak didik dengan baik , sehingga diharapkan ditemukan solusi yang proporsional bagi masing–masing anak didik .Memotivasi siswa dengan tepat akan berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi anak didik .
MTs Plus Ma’arif Gombong juga akan merumuskan system penilaian yang berbeda dengan sekolah yang lain.Kami Akan menggunakan nilai KUANTITATIF yang dihasilkan anak didik digabungkan dengan penilaian sikap dan perilaku anak didik (Akhlaqul Karimah) dan sikap kesantunan mereka dalam bertindak. Gabungan 2 tersebut menjadi akhir nilai kuantitatif prestati anak didik.
Orang tua murid juga memiliki andil yang cukup besar dalam kebeerhasilan pendidikan anak–anaknya, selain dalam hal PEMBIAYAAN anak dalam bersekolah orang tua memiliki peran dalam mendoakan anak-anaknya supaya memperoleh ilmu yang bermanfaat serta menyerahkan secara batiniah sehingga tidak salah arah dikemudian hari, dan yang sangat penting peran orang tua dalam membentuk perilaku anak didik dan orang tua harus menjadu suri tauladan dan uswah khasanah  ketika anak didik berada dalam rumah.
MTs Plus Ma’arif Gombong akan selalu mengusahakan semua guru, karyawan harus memiliki kemampuan intelektual dan integritas moral yang memadai sesuai dengan bidang dan kompetensi masing – masing. Guru dan karyawan harus menjadi contoh yang baik dari segi kemampuan intelektualitasnya maupun dari sikap dan perilaku kesehariannya dimanapun mereka
Berada .Kami dewan pendidikan dan pengurus akan bersikap tegas dan proporsional jiks ada guru  ataupun karyawan MTs Plus Ma’arif Gombong yang tidak bisa menjadi tauladan bagi anak didik, kami akan mengkondisikan bahwa seorang guru harus bisa Digugu Dan Ditiru oleh anak didiknya .
Dengan menyadari pentingnya proses pendidikan yang terpadu dan komprehensif yang diharapkan akan menghasilkan atau memberi bekal kemampuan intelektualitas dan membentuk pribadi anak didik yang smart dan santun bukanlah merupakan pekerjaan dan tanggung jawab yang ringan.Dibutuhkan biaya, sarana dan prasaraan serta sumber daya yang mencukupi. Mungkin ada sedikit yang harus kita yakini bersama bahwa konon ada riwayat guru yang soleh  dan solehah akan menghasilkan murid yang soleh /solehah dan orang tua yang soleh dan solehah akan menghasilkan anak - anak yang sholeh dan sholehah amin.. amin…amin….
B. Visi MTs Plus Ma’arif  Gombong

“Berorientasi menyediakan layanan pendidikan formal yang terjangkau dan diterima oleh masyarakat serta secara luas “

!. Visi “Membentuk pribadi anak didik yang smart dan santun”

2. Misi  = 1. Mengingatkan penghayatan terehadap ajaran islam secara kafah
              2. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien
              3.Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan untuk berprestasi
              4. Menanamkan nilai – nilai islam sebagai dasar penguasaan ilmu pengetahuan
                 dan teknologi
              5. Meningkatkan kreatifitas dan perilaku disiplin serta punya wawasan yang berkarakter  
                   kebangsaan
  6. Melaksanakan pengamalan ajaran islam ahlisunah wal jamaah’ala madaahibil arba’ah
      Serta senantiasa mempertahankan dan melestarikan budaya budaya lama yang di 
      anggap baik dan mengambil budaya baru yang lebih baik.(ALMUKHAFADOH BIL 
      QODIMISSOLIH WALAKHDI BIL JADIDIL ASLAH). 
      
             C. Dasar
1.      Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional
2.      Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

D. Tujuan Program
1.      Tujuan Kelembagaan yang hendak dicapai adalah :
-       Melaksanakan tugas pelayanan pendidikan tingkat menengah
-       Meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan peserta didik melalui saranan dan prasarana yang ada sehingga dapat berkembang secara optimal sebagai dasar untuk masuk ke pendidikan dasar
2.      Tujuan Program yang hendak dicapai adalah :
-       Untuk meningkatkan kenyamanan peserta didik
-       Memberikan berbagai pengetahuan dan pengalaman kepada anak
-       Mengenalkan kepada anak mengenai situasi sosial di lingkungannya
-       Anak mampu mengkoordinasikan bahasa dengan baik dan benar dalam menghadapi situasi sosial.

E. Deskripsi MTS Plus Ma'arif Gombong
                                                                                            
Nama Madrasah                                                 :    MTs. PLUS MA’ARIF GOMBONG
Tahun Berdiri                                                     :    2011

Nomor ijin operasional                                       :    -
Nomor statistik                                                   :    121233050083
Status Madrasah                                                 :    Swasta
Alamat madrasah                                                :    Jl Yos Sowdarso No. 69 Wero Gombong Kebumen
Nama Kepala Madrasah                                     :    Gunawan, S.Pd.I
Pendidikan                                                         :    S1
Alamat                                                                :    Grenggeng Rt 02/02  Karanganyar Kebumen
No HP Kepala Madrasah                                   :    081229076050
No Telephon Madrasah                                      :    0287 - 5546788
Email                                                                  :    -
Badan Penyelenggara                                         :    LP – Ma’arif
Akte Notaris                                                       :   
Nama Kepala Tata Usaha                                   :    Femi Susanti, S.Pd
Nama Ketua komite                                           :    K Adro’i Alwi
Keadaan gedung dan tanah  Master Plan
1.Status Gedung                                                 :    Sewa
2.Sifat                                                                 :    Permanen
3.Jumlah ruang
    - ruang kelas                                                   :    3  ruang
    - ruang kantor                                                 :    1  ruang
ruang kantor                                                       :    1  ruang
4. Luas tanah seluruh
    - Luas tanah Bangunan                                   :  1400 m²
    - Luas tanah yang akan dibangun                   :  536 m²
    - Lapangan                                                      :
5.Keadaan Bangunan
    - Ruang belajar                                               :    Rusak ringan
    - Ruang Kamad                                              :    Rusak ringan
    - Ruang Guru                                                  :    Rusak ringan
    - Ruang TU                                                     :    Baik
    - Ruang BP                                                     :    Baik
    - Ruang UKS                                                  :    Tidak Ada
    - Ruang Mushola                                            :    Berfungsi
    - Ruang WC                                                   :    Rusak Ringan
    - Ruang Perpustakan /                                    :    Tidak ada
     - Laboratorium                                               :    Tidak ada


        F. Keadaan Siswa

Kelas
L
P
Jumlah
Rasio
VII
6
8
14

VIII
8
9
17

IX
16
15
41







G. Kondisi Orang Tua Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No
Pendidikan Terakhir
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
1
Tidak Sekolah



2
SD
6
10
15
3
SLTP
5
3
15
4
SLTA
4
2
13
5
Diploma/Akademi



6
Perguruan Tinggi




H. Kondisi Orang Tua Siswa Berdasarkan Tingkat Penghasilan Perbulan

No
Penghasilan Perbulan
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
1
     Rp 500.000,- 1.000.000,-
9
8
20
2
     Rp 1.000.000,- 1.500.000,-
3
6
15
3
     Rp 1.500.000,- 2.000.000,-
2
2
8
4
  Rp 2.000.000,-











I. Potensi Lingkungan Madrasah yang diharapkan mendukung Program Madrasah

1.      Guru dan Kepala Madrasah
2.      Staff Tata Usaha/Administrasi dan Pembantu Pelaksana
3.      Sarana dan prasarana
4.      Siswa
5.      Pengurus Madrasah
6.      Masyarakat lingkungan/Komite Madrasah

Sekian dan terima kasih,









1 komentar:

Mulyantoabi mengatakan...

TADI SAYA KEDATANGAN TAMU YANG MENGAKU DARI URUSAN MTS MA ARIF GOMBONG
DIA 2 ORANG MEMINTA SUMBANGAM KE WARGA WARGA DESA SUROREJAN PURING.

YANG MENJADI PERTANYAAN:
APAKAH TIDAK ADA BANTUAN DARI PEMERINTAH.
KARENA KALAU BENTUKNYA SEKOLAHAN MASIH MINTA BANTUAN WARGA LAIN KECAMATAN, EFEKNYA TIDAK BAIK.

TENTUNYA BERANI MENDIRIKAN HARUS TANGGUNG JAWAB.
NUWUN.